Latest News

Saturday, May 24, 2014

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Dhuha

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu dari sekian banyak sholat yang disunnahkan. Shalat Dhuha merupakan shalat sunah yang dilaksanakan di pagi hari saat matahari baru terbit dengan ketinggian sekitar tiga hasta yaitu sekitar jam 0b.00 sampai menjelang waktu dzuhur. Sholat dhuha sangat di anjurkan oleh Rasul. Menurut Hadist Qudsi, Rasulullah menyampaikan "Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan."( HR. Tirmidzi )

Selain Hadist tersebut, Rasulullah juga menyampaikan "Allah berfirman : Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya."( HR. Hakim dan Thabrani)

Hadist tersebut menjelaskan bahwa Allah swt. akan membukakan pintu rezeki dan melancarkan rezeki hambanya yang senantiasa sholat dhuha dan tidak bermalas-malasan. Bagi teman-teman yang ingin dilancarkan rezekinya, sebaiknya sholat dhuha secara rutin tiap hari.

Menurt Dr. Ebrahim Kazim yang adalah dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy mengungkapkan "Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi, serta berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini sejenis morfin,termasuk opiate. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.

Shalat Dhuha dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat secara pribadi tidak berjamaah atau munfarid. Seperti apakah tata cara menjalankan shalat Dhuha beserta do'a setelahnnya, simak tata caranya dibawah ini:

  1. Niat didalam hati bersamaan Takbiratul Ihram. “Usholli sunnatadhuha rak ‘ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta’aala”  “Aku niat shalat sunah Dhuha karena Allah”
  2. Membaca doa Iftitah.
  3. Membaca surat al Fatihah.
  4. Membaca surat pendek, lebih afdhol dengan membaca surat Asysyams pada rakaat pertama dan surah Allail pada rakaat kedua. Namun bagi yang belum hafal, boleh membaca surat atau ayat Al-Qur'an lainya.
  5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali.
  6. I’tidal dan membaca bacaanya.
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
  8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya.
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.
  10. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti langkah-langkah diatas. ( Di kutip dari : http://thekaltara.blogspot.com/2013/07/manfaat-shalat-dhuha.html )

Do'a setelah sholat Dhuha :



Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya masa pagi ini adalah masa pagiMU, keindahan ini adalah keindahanMU, kuasa ini adalah kekuasaanMU, kenyamanan ini adalah kenyamananMU. Seandainya rizki saya tersembunyi di dalam bumi maka keluarkanlah, jika di langit turunkanlah, jika haram bersihkanlah, berkat kesejatian masa pagiMU, keindahanMU, dan kekuasaanMU, ya Allah."

Akhir kata dari penulis, Jangan lupa sholat ya.. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang diridhai Allah swt.

Download Artikel Ini

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Dhuha
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Top