Latest News

Monday, June 30, 2014

Hukum Menggosok Gigi Dan Berkumur Saat Berpuasa

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Mungkin banyak dai sobat khazanah yang bertanya, boleh kah kita menggosok gigi atau bersiwak dan berkumur saat berpuasa ? Mungkin saya langsung menjawab tidak. Karena secara logika, saat kita berkumur atau menggosok gigi ada air yang masih tertinggal kemudian tertelan oleh kita sehingga dapat membatalkan puasa. Itu secara logika, bagaimanakah menurut dalil ?

Ketika kita melihat beberapa hadits nabi, kita akan menemukan beberapa riwayat yang memboleh kan kita berkumur saat berpuasa, asalkan tidak berlebihan.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda :

Dari Umar bin Al-Khatab ra. berkata, "Suatu hari aku beristirahat dan mencium isteriku sedangkan aku berpuasa. Lalu aku datangi nabi SAW dan bertanya, "Aku telah melakukan sesuatu yang fatal hari ini. Aku telah mencium dalam keadaan berpuasa." Rasulullah SAW menjawab, "Tidakkah kamu tahu hukumnya bila kamu berkumur dalam keadaan berpuasa?" Aku menjawab, "Tidak membatalkan puasa." Rasulullah SAW menjawab, "Maka mencium itu pun tidak membatalkan puasa." (HR Ahmad dan Abu Daud)

Selain itu ada beberapa hadits lain yang membolehkan kita berkumur saat berpuasa

Dari Ibnu Abbas ra, "Tidak mengapa seorang yang berpuasa untuk mencicipi cuka atau masakan lain, selama tidak masuk ke kerongkongan." (HR Bukhari secara muallaq dengan sanad yang hasan 3/47)

Dalam hadits diatas, jika kita artikan maka mengandung makna bahwa kita boleh berkumur dan menggosok gigi dengan pasta gigi asalkan tidak berlebih-lebihan.

Ada juga hadits lainnya yaitu :

Dari Nafi' dari Ibnu Umar ra. bahwa beliau memandang tidak mengapa seorang yang puasa bersiwak. (HR Abu Syaibah dengan sanad yang shahih 3/35)

Wallahu a'lam bihshawab...
Hukum Menggosok Gigi Dan Berkumur Saat Berpuasa
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Top